MAgroindustry





March 6th, 2012

Waspadai ciri-ciri ayam tiren (mati kemaren)!

Bagi anda penggemar daging ayam wajib waspada, pasalnya banyak ditemukan ayam tiren (mati kemaren) beredar di pasar. Ayam tiren ini terbagi menjadi dua, yaitu ayam tiren mentah dan ayam tiren hasil olahan yang biasa dijadikan menu santapan di warung-warung makan.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi, Jawa Barat pun mengimbau masyarakat agar senantiasa mewaspadai terhadap peredaran bangkai ayam yang diperjualbelikan atau biasa diistilahkan ayam tiren (mati kemarin, red) di pasaran.

Kepala Bidang Peternakan DPKP Kota Sukabumi, Cecep Mansyur, menjelaskan, ciri-ciri ayam tiren adalah dagingnya beraroma agak amis, dagingnya berwarna kebiru-biruan, pucat dan tidak segar, pada leher potongan ayam terlihat tidak lebar.

Juga terdapat bercak-bercak darah pada bagian kepala atau leher ayam, serta harganya lebih murah,” katanya.

Sementara ciri-ciri daging ayam yang baik, yakni dagingnya segar, tidak bau, berwarna putih dan bersih, serta tidak terdapat bercak-bercak darah pada dagingnya. “Masyarakat harus memperhatikan kondisi ayam sebelum dibeli jika dilihat ada ciri-ciri seperti ayam tiren maka agar tidak membelinya, karena bisa mengganggu kesehatan apabila di konsumsi,” jelas Cecep.

Nah, itulah sedikit tips yang mungkin dapat membantu anda dalam memilih daging ayam yang sehat dan layak konsumsi.

Semoga bermanfaat! (Sumber : Republika Online)

Leave a Comment